Thursday 29 August 2024

Suasana Meriah di Acara Upgrading dan Ta'aruf Halaqoh Ilmiah


Malang, 29 Agustus 2024 — Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri (UPKM) Halaqoh Ilmiah Ma’had Pusat al-Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara perdana mereka untuk periode 2024/2025. Acara bertajuk “SINTA: Sinergi Upgrading dan Ta’aruf bersama Halaqoh Ilmiah,” ini diikuti oleh seluruh pengurus UPKM Halaqoh Ilmiah serta para tamu undangan yang terdiri dari Murobbi/ah hingga Pengasuh Pusat Ma’had al-Jami’ah.

Muhammad Hanifuddin, Ketua Harian UPKM Halaqoh Ilmiah, dalam sambutannya menekankan pentingnya pengurus untuk mengadopsi growth mindset. “Di Halaqoh Ilmiah, kita tidak hanya memanajemen (mengelola) mahasantri, tetapi juga mengembangkan diri kita sendiri,” ujar sosok yang akrab disapa Uda Hanif, menegaskan bahwa HI merupakan wadah untuk pembinaan personal sekaligus profesional.


Sesi Upgrading yang merupakan inti acara diisi oleh dua pemateri yang kompeten di bidangnya. Muhammad Danial Shafran, sebagai pemateri pertama, memaparkan pentingnya tradisi keilmuan dalam Islam dengan menyoroti kejayaan peradaban ilmu pengetahuan di masa kekhalifahan. Sementara itu, Muhammad Nasir, sebagai pemateri kedua, memberikan wawasan terkait keorganisasian yang relevan dengan tugas para pengurus sesuai konteks perubahan zaman.

Bagas Prateso, Koordinator Divisi Research and Development (RnD), memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. “Acara yang sangat seru dan menambah wawasan bagi seluruh pengurus baru,” tandasnya. Ia juga berpesan kepada seluruh pengurus agar terus berinovasi dalam mengembangkan potensi penalaran dan kepenulisan yang menjadi fokus utama UPKM Halaqoh Ilmiah.

Acara “SINTA” ini menjadi langkah awal yang signifikan bagi UPKM Halaqoh Ilmiah dalam membangun sinergi dan meneguhkan komitmen terhadap pengembangan intelektual dan spiritual para mahasantri di Pusat Ma’had al-Jami’ah.

0 comments:

Post a Comment