Friday 17 May 2024

Seminar Nasional dan Closing Ceremony UNITY 2024

 

Malang, 18 Mei 2024  Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri (UPKM) El-Ma'rifah Pusat Ma'had al-Jami'ah hari ini menggelar Seminar Nasional dan Closing Ceremony sebagai puncak acara Euphoria in Creativity (UNITY) 2024. Acara ini diselenggarakan dengan meriah dan penuh antusiasme oleh para peserta.

Seminar nasional ini menghadirkan dua pemateri ternama yang kiprahnya dalam dunia literasi dan digital sudah tidak diragukan lagi. Abdulloh Hamid, yang akrab disapa Gus Hamid, Direktur pesantren id, Pendiri Dunia Santri Community, serta Pembina di Arus Informasi Santri (AIS) Nusantara dan Santri Design, tampil sebagai pemateri pertama. Dalam pemaparannya, Gus Abdullah Hamid menekankan pentingnya literasi digital bagi generasi muda, khususnya mahasiswa Muslim, untuk mampu bersaing di era globalisasi dan mampu melakukan filterisasi di tengah guyuran gelombang informasi.

Pemateri kedua, Sutrisno Gustiraja Al-farizi, Founder dan CEO Penerbit Jagat Litera, membahas strategi dan tantangan dalam dunia kepenulisan dan penerbitan. Sutrisno Gustiraja Al-farizi memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana dunia literasi dan kepenulisan secara teknis berevolusi dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan tetap relevan di tengah gempuran konten digital.

Acara UNITY 2024 ini telah diawali dengan serangkaian lomba-lomba yang mengasah kreativitas dan teknologi para peserta. Kompetisi yang diselenggarakan meliputi lomba fotografi, desain poster, cipta baca puisi, news anchor, dan mobile legend. Setiap lomba mendapat respons yang sangat positif dari para peserta, menunjukkan bakat dan semangat yang tinggi dalam berkompetisi.

Dalam sambutan pembuka seminar pagi ini, Cak Singo, Ketua Harian UPKM El-Ma'rifah, menyampaikan harapannya bahwa seluruh rangkaian acara UNITY 2024 dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta. “Kami berharap acara ini memberi manfaat bagi para peserta, serta mendorong mereka untuk terus berkreasi dan berinovasi,” ujar Cak Singo.


Closing ceremony yang mengakhiri seluruh rangkaian acara UNITY 2024 berlangsung dengan penuh kehangatan. Para peserta pemenang lomba, panitia, dan seluruh pihak yang terlibat merasakan kebanggaan atas suksesnya acara ini. Dengan berakhirnya UNITY 2024, diharapkan semangat kreativitas dan inovasi yang telah ditanamkan dapat terus berlanjut dan berkembang, menjadikan para peserta, terutama mahasantri, siap menghadapi tantangan masa depan. 


Penulis: Rojauna Zalfatthoriq

0 comments:

Post a Comment