Monday 11 September 2023

Meneropong Gebyar Gemilau 2023: Potret Meriahnya Pengenalan UPKM Ma'had Sunan Ampel Al-Aly




Ratusan mahasantri putra, dengan berpakaian koko dan peci ulul albab sebagai ciri khasnya, terlihat berjalan ke arah portal pos keamanan depan mabna Al-Ghazali, pertanda berakhirnya sholat isya berjamaah di masjid At-Tarbiyah dan kembali ke area Ma'had Sunan Ampel Al-Aly (MSAA). 

Tak seperti biasanya, Minggu malam (10/9) lapangan depan mabna Al-Ghazali tampak bagaikan permen yang dikerumuni oleh ribuan semut. Pasalnya, Unit Pengembangan Kreatifitas Mahasantri (UPKM) MSAA menggelaran Gebyar Gemilau yang berisi serangkaian acara pengenalan UPKM kepada mahasantri baru MSAA. 

Serangkaian acaranya bermula dengan lantunan sholawat oleh Musyrif-Musyrifah yang bergabung dalam grup sholawat Al-Banjari. Alunan sholawat yang didendangkan berhasil menyihir warga MSAA, sehingga tanpa sadar seluruh yang hadir ikut bersholawat bersama. Kemudian acara berlanjut dengan dibuka oleh MC untuk menuju acara formal. Tak hanya itu, acara ini juga dibuka langsung oleh Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M.HI sebagai Pengasuh Divisi Kesantrian sekaligus Pembina UPKM MSAA dengan diikuti gemuruh tepuk tangan oleh seluruh warga Ma'had Sunan Ampel Al-Aly. 

Acara gebyar pengenalan UPKM ini berlangsung dengan sangat hangat dan disambut dengan penuh antusias oleh mahasantri. Aa' Ilham, yang diamanahkan menjadi Ketua Harian Jam'iyah Dakwah wa Fan al-Islamiah (JDFI), mengapresiasi acara ini dengan satu kata, “Top!”. Kesan haru nan gembira ini pun juga dirasakan oleh Kang Singo sebagai Ketua Harian El-Ma'rifah (EM) dan Ustadz Kholil sebagai Murabbi Mabna Ibnu Sina.

“Kalau kesannya (untuk acara ini) amazing sekali!” Ucap Ustadz Kholil memungkasi dengan wajah yang berseri-seri.

Sebagai informasi, UPKM yang ada di MSAA meliputi Halaqah Ilmiah (HI) sebagai unit pengembangan kepenulisan dan penalaran; El-M'arifah (EM) sebagai unit yang menaungi bidang sastra, jurnalistik, dan desain komunikasi visual; serta Jam'iyah Dakwah wa Fan al-Islamiah (JDFI) sebagai unit pengembangan diri (self-improvement) di bidang seni dakwah dan public speaking

Sebagai bentuk rasa syukur atas suksesnya acara pengenalan UPKM melalui Gebyar Gemilau, Ketua Harian Halaqah Ilmiah (HI) yang akrab dipanggil Cak Arib mengungkapkan harapannya bahwa acara yang menggelegar ini semoga menjadi sinyal positif bagi kesuksesan setiap UPKM untuk kedepannya sebagaimana nama gebyar yang dipilih yaitu ‘Gemilau’.


Penulis: Rojauna Zalfatthoriq

0 comments:

Post a Comment